Rabu, 12 Mei 2010

Merawat Rumah Mungil

RUMAHKU adalah Istanaku. Ungkapan itu tentu bukan terbentuk begitu saja, sebab jika jauh dari rumah rasa rindu akan kenyaman rumah terkadang sering menyelimuti. Namun jika rumah kita terlalu kecil dan sederhana, apakah masih bisa memberi kenyamanan?

Memiliki rumah mungil bukan berarti Anda tidak merasa nyaman menjadi penghuninya. Kesan lapang dan rapi masih bisa didapatkan jika Anda bisa menyiasatinya. Agar rumah mungil terlihat nyaman, luas dan indah, coba terapkan tips menata rumah mungil berikut ini :

* Manfaatkan setiap ruangan seefesien mungkin. Pemanfaatan ruang-ruang kosong yang ada di dalam rumah untuk meletakan barang-barang, seperti ruangan di bawah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai storage.
* Perhatikan pencahayaan dari lampu. Manfaatkan dua jenis cahaya lampu; kuning dan putih.
Cahaya lampu kuning dapat memberikan kesan lebih hangat, segar, alami dan romantis. Sementara cahaya putih akan memberi efek dingin, formal dan tidak alami.
* Pengaturan jendela juga sangat penting, karena itu sebaiknya saat membangun rumah pastikan jendela dipasangan dengan posisi yang tepat. Hal ini juga berpengaruh pada pemasa-ngan kaca, yang akan memberi manfaat signifikan pada kenyamanan dan kesehatan rumah.
* Pemilihan warna dinding. Sebaiknya pilih cat dengan warna hangat karena warna gelap cenderung membuat ruangan terkesan lebih sempit. Jika ingin memasang wallpaper, pilih yang bermotif garis-garis tipis, ringan dengan warna lembut.
* Jika rumah Anda terdiri dari dua lantai, pilihlah tangga yang terbuat dari bahan ringan, contohnya, logam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar